SELAMAT DATANG DI PERMINA DEMAK-SPF-MASTERFISH-NATURE-RAJAGRAMEH-RAJALELE-NUTRISI-BENDOZ-S-FISH-PIDAS

Kamis, 14 Juli 2011

CARA SEDERHANA BUDIDAYA IKAN SISTEM GUBA DENGAN PROBIOTIK

Kunci utama budidaya ikan adalah Managemen Air , karena air adalah rumahnya ikan . Keberhasilan membuat air kolam selalu stabil akan membuat suksesnya budidaya ikan apapun jenisnya.

MANAGEMEN AIR KOLAM

1. Kolam Tanah

Pada kolam tanah, 3 -7 hari sebelum air masuk kolam ( posisi air 5-10cm) kocori terlebih dahulu dengan Probiotik NATURE SIMBA . Caranya campurkan 1-2 liter Probiotik NATURE SIMBA  dengan 0.5 kg gula/tetes tebu dan dicampur 10-maksimak 50 liter air, aduk-aduk dan biarkan selama 6-12 jam. setiap jam diaduk-aduk agar proses berlangsung sempurna. Selanjutnya sebar merata ke kolam/tambak. Biarkan kondisi ini 10-12 hari baru air dimasukkan secara penuh. Jika ingin hasil lebih bagus sebelum dasar tambak diberi Probiotik NATURE SIMBA sebari dulu kolam/tambak dengan pupuk hijau/kompos. Selanjutnya 3 hari setelah air diisi penuh bibit siap tebar. Pemberian Probiotik NATURE SIMBA ini selanjutnya bisa diulang kembali 1-2 minggu sekali atau melihat kondisi kolam.

Fungsi dari pemberian Probiotik NATURE SIMBA ini aadalah untuk memperbaiki struktur tanah dan menyuburkan dasar tanbak sehingga pakan alami seperti cacing lur berkembang melimpah, mengurai racun-racun di dasar tambak seperti amoniak ,nitrit dan sulfit serta membuat kondisi air lebih stabil sehingga ikan/udang tidak gampang stress,lemah atau gampang terserang penyakit, menumbuhkan plankton sehingga air tambak selalu hijau, meredam perbedaan suhu yang tajam antara siang dan malam pada musim pancaroba dan lain-lain.


2.Kolam terpal/semen

Pada kolam terpal/semen 3-7 hari sebelum bibit tebar kocori kolam dengan Probiotik MASTERFISH SIMBA secukupnya. Probiotik MASTERFISH SIMBA akan menjadi pelindung yang baik bagi bibit ikan sehingga tidak gampang stress ,lemah sehingga tidak mudah terserang penyakit/mati. Caranya campur

1/2 botol Probiotik MASTERFISH SIMBA yang sudah dicampur dengan 5 sendok gula/tetes tebu dan diaduk-aduk secukupnya merata ke semua permukaan kolam ( luas 1000 meter persegi). Dosis berlebih tidak berbahaya. Aplikasi ini akan membuat air kolam matang (siap) sehingga kondusif bagi ikan ketika masuk kolam. Selanjutnya diulang seminggu-2 minggu sekali seusai kebutuhan

Pada musim pancaroba (juni-agustus tapi saat saat ini sulit diprediksi tepat waktunya karena adanya pergeseran musim dikarenakan GLOBAL WARMING) , intinya musim ini bisa dikenali  yaitu ketika siang hari panas terik (suhu meningkat drastis) sebaliknya pada malam hari suhu menurun drastis sehingga terjadi perbedaan suhu yang mencolok antara siang dan malam hari, pemberian PROBIOTIK pada kolam harus ditingkatkan.Minimal seminggu sekali dikocorkan di kolam. Probiotik NATURE SIMBA ( untuk kolam tanah) dan Probiotik MASTERFISH SIMBA (untuk kolam terpal/semen) akan membuat kolam selalu hangat di tengah kondisi yang tidak stabil antara siang dan malam. Hal ini akan menekan tingkat kematian ikan secara massal. Umumnya pada musim Pancaroba ikan dalam kondisi rawan,dipastikan akan ada 1-2 ekor ikan yang mati setiap hari bahkan bisa lebih. Antisipasinya jangan sampai terkena kematian massal. Probiotik akan mencegah terjadinya kerugian besar karena memperkuat ketahanan tubuh ikan. Pencegahan jelas lebih baik.


MANAGEMEN PAKAN

Pemberian pakan pada budidaya ikan adalah hal wajib dan dilakukan setiap hari. Pada sistem GUBA (GUGUS SIMBA) pakan yang diberikan setiap hari secara rutin ditambah dengan pemakain Probiotik RAJAGRAMEH/RAJALELE/NUTRISI  SIMBA yang dioplos dengan  Probiotik SPF SIMBA(SUPER PLANKTON FERTILIZER) caranya campur 5 kg pakan pelet merek apapun juga dengan larutan Probiotik.  Larutan ini terdiri dari 1 tutup botol SPF SIMBA + 2 tutup botol RAJAGRAMEH/RAJALELE/NUTRISI + 1 sdm gula/tetes tebu + 0.5 liter air aduk-aduk diamkan selama 0-5-1 jam baru kemudian kocor pada 5 kg pelet, biarkan meresap dan selanjutnya pakan siap tebar.

Untuk pakan kurang atau lebih dari 5 kg dosisnya tinggal perbandingan saja. Intinya probiotik bukan zat kimia sehingga dosis berlebih tidak menembulkan efek negatif pada ikan tapi lebih bagus hasilnya. Syarat dari pemberian Probiotik pada pakan ini adalah harus disiplin dan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Pelet yang sudah dicampur dengan Probiotik efektif hingga 12 jam setelah pencampuran , oleh karena itu dalam melakukan pencampuran pakan dengan probiotik haruslah dilihat seberapa banyak pakan yang biasa diberikan tiap harinya sehingga pakan yang sudah tercampur Probiotik tidak berlebih dalam pencampurannya cukup diperkirakan untuk pemberian pakan sehari ( pagi,siang sore atau tiap 4 jam sekali). Tidak dianjurkan menyimpan pakan yang sudah dicampur Probiotik selama lebih dari 12 jam karena keefektifannya akan berkurang.

Catatan : Probiotik RAJALELE SIMBA dihususkan untuk budidaya ikan lele, Probiotik RAJAGRAMEH SIMBA dihususkan untuk budidaya ikan Gurame dan Probiotik NUTRISI SIMBA untuk budidaya ikan air tawar/payau  selain lele dan gurami seperti bawal,patin,mas,nila,mujaer,koi, bandeng ,udang dan sebagainya.Tapi pada dasarnya ketiganya bisa saling menggantikan karena kandungannya hampir sama.



MANAGEMEN PENYAKIT IKAN

Dengan pemberian probiotik seperti langkah-langkah di atas sangat diharapkan dan sudah terbukti dapat menekan timbulnya penyakit pada ikan budidaya. Tapi tidak bisa dihindari juga dalam budidaya ikan suatu saat akan timbul penyakit yang disebabkan oleh jamur, bakteri parasit, virus dll. Maka ada dua cara pengobatan yang bisa dilakukan yaitu pengobatan dari dalam tubuh ikan dan pengobatan dari luar tubuh ikan. pengobatan dari dalam dengan menggunakan Antibiotika antara lain menggunakan S-FISH atau PIDAS dengan dosis sesuai anjuran. Hati-hati dengan pemakaian Antibiotik , tidak dianjurkan menggunakan dosis berlebih karena justru akan berbahaya bagi ikan . Aplikasinya dengan mencampur antibiotik pada pakan selama 3 hari berturut2. Jika ikan tidak mau makan , antibiotik bisa langsung diguyur ke dalam kolam.

Pengobatan dari luar dengan memberikan obat pembasmi jamur pada air kolam. Berikan BENDOZ-A pada permukaan kolam dengan aplikasi sesuai dosis. Jangan berlebih karena juga akan menimbulkan resistensi pada ikan. Berikan sesuai dosis dan diulang sesuai aturan.
Model pengobatan ikan yang sakit ini bisa dipilih salah satu atau juga dapat ditempuh secara bersamaan. Pada saat yang sama dilakukan penyembuhan dari dalam maupun dari luar. Namun, pada umumnya apabila secara rutin sudah diberikan aplikasi probiotik pada managemen kolam maupun pakan  jarang terjadi ikan mengalami sakit atau mati. Probiotik akan membuat daya tahan ikan sangat kuat, tidak gampang stress apalagi kena penyakit. el@broer

87 komentar:

yanitra mengatakan...

pemberian jumlah pakan berdasarkan apa?? saya punya kolam ukuran 10mx10m, sebaiknya berapa kg pelet yang digunakan??
(jumlah ikan sekitar 4000)

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

Pemberian pakan pelet pada ikan GURAMI berdasar pada jumlah ikan dan berat bobot ikan. Pemberian (pelet+daun2nan) sebanyak 2-3 % dari perkiraan berat bobot tubuh ikan x jumlah ikan per hari untuk pembesaran. Kalau berdasar teori hitungan , kadang pakan serasa berlebih. Sebaiknya teori hanya sebagai patokan saja. Untuk prakteknya lebih baik berdasar pada hasil uji coba lapangan. Misal 4000 ekor berat bibit 0,01kg/ekor. Patokan pakan 4000 x 0.01 x 3 %= 1.2 kg/hari dibagi 3x pemberian pakan = 0.4 kg tiap kali pemberian pakan sebagai patokan. Pertama2 kita tebar sedikit demi sedikit pakan pelet hingga 0,4 kg jika kelihatan masih bisa ditambah , kita tambah sedikit demi sedikit esok harinya tapi jika kelihatan berlebih otomatis kita kurangi demikian seterusnya. Banyaknya pelet sebanding dg banyaknya ikan dan bobot ikan. Semoga bermanfaat

yanitra mengatakan...

Pak, kalau misal kan cacing sutra sebelum dimasukkan kolam dicelupkan ke oplosan Rajagrameh ama SPF apa boleh?? atau malah cacingnya yang mati/beracun??

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

Mas Yanitra, cacing sutra, pelet,daun2nan sbg asupan ikan bisa di campur probiotik dan cacingnya tidak akan mati karena probiotik bukan zat kimia.

ivan mengatakan...

apakah boleh pelet direndam terus menerus pada larutan probiotik selama 10 jam??
maksudnya 5kg pelet saya rendam terus kemudian pelet saya ambil 2kg, siang 1.5kg, sore 1.5kg?? (

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

Mas Ivan, pelet yg sdh dicampur probiotik efektif maksimal 12 jam, lebih dari itu keefektifan jauh berkurang. Jadi utk 5 kg pelet+probiotik yg diberikan bertahap pagi,siang dan sore masih tdk menjadikan masalah asal pencampurannya jangan disore hari dan pemberiannya dilakukan pd sore itu kmdn pagi harinya dan kemudian siang harinya. Karena jeda waktu sore dan pagi harinya sdh hampir lbh 12 jam.Mas Ivan, pelet yg sdh dicampur probiotik efektif maksimal 12 jam, lebih dari itu keefektifan jauh berkurang. Jadi utk 5 kg pelet+probiotik yg diberikan bertahap pagi,siang dan sore masih tdk menjadikan masalah asal pencampurannya jangan disore hari dan pemberiannya dilakukan pd sore itu kmdn pagi harinya dan kemudian siang harinya. Karena jeda waktu sore dan pagi harinya sdh hampir lbh 12 jam.

chacink mengatakan...

pak mau tanya.budidaya gurameh yang bagus itu airnya mengalir atau tidak?1m2 itu idealnya dikasih berapa ekoe, nutuk bibit ukuran silet.terima kasih.hariyo jogja

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

Mas Haryo yang terhormat, dg setulus hati saya ucapkan terima kasih banyak sudah mampir di website kami. Ternyata mas ini suka merendah dech...dg pertanyaan yg mas ajukan ke saya. Dengan pengalaman mas yang sudah mengaplikasikan probiotik BOOSTER tentunya mas lebih tahu dan lebih berpengalaman dari saya , apalagi tentunya Yogya merupakan salah satu sentra budidaya ikan air tawar yg cukup besar di Indonesia ini, tentunya lingkungan di sana lebih kondusif untuk lebih banyak mendapatkan ilmu dan pengalaman di bidang budidaya perikanan. Semoga orang-orang seperti mas Haryo ini bisa menjadi pelopor bagi kemajuan petani perikanan Indonesia. Saya juga terus terang berguru pada petani perikanan di jogja tepatnya di Jambidan Bantul. Sekali lagi terima kasih sudah mampir di website kami dan insyaAllah kapan2 tak silaturrahim balik di blog njenengan. Salam kenal

hendrik mengatakan...

Numpang tanya mas, kalau di Medan-Sumatera Utara, dimana toko atau distributor Nature Simba, Bendoz-A, Raja Lele, Master Fish, dll ? Mohon informasinya, karena saya sangat tertarik dengan probiotik ini semua.

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

mas hendrik di medan,
Silahkan hubungi bapak Indra 0811652390

Anonim mengatakan...

Sama spt ms hendrik, di tulungagung Jatim,di mana saya bisa mendapatkan produk2 tsb. Ada tp tidak lengkap, kayaknya cuma raja grameh dan lele yang tersedia. Mksh.

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

Mas No name, memang toko di tulung agung baru menyediakan produk terbatas karena memang baru memperkenalkan dan belum berani menyetok item bervariasi dan banyak. Tapi jangan khawatir kami siap melayani untuk produk lainnya ( husus produk SIMBA) secara on line dan bisa dikirim seluruh Indonesia. Hanya saja mungkin untuk pembelian ecer jatuhnya lebih mahal dari harga toko. Tapi kalau pembelian grosir dg minimum order bisa lebih murah dari toko ( untuk pengambilan jumlah tertentu). Atau coba aja mas sarankan ke tokonya untuk menyediakan lebih banyak variasi item produk sehingga lain waktu bisa tersedia komplet di toko tersebut. Kamipun disini juga sekedar menyarankan penjual untuk menjual produk secara komplet tapi sekali lagi mungkin ada pertimbangan pasar yg belum ada ( belum ada yg membutuhkan/mencari) Dengan adanya mas2 menanyakan produk yg belum tersedia di toko secara otomatis mungkin lain kali toko akan menyediakan item yg banyak dicari di lingkungan sekitar termasuk yg mas butuhkan.

SalsaNetwork mengatakan...

Mau nanya mas, saya di Malang Jatim, dimana toko atau distributor Nature Simba, Bendoz-A, Raja Lele, Master Fish, dll ? Mohon informasinya, karena saya sangat tertarik dengan probiotik ini semua. Makasih

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

Dear mas Boges di Malang, Sementara ini untuk daerah malang belum ada agennya mas. Beberapa waktu lalu memang sudah ada yg berminat menjadi agen di Malang tapi belum ada kelanjutannya. Untuk daerah malang bisa langsung pesan melalui kami dg sms konfirmasi nama, alamat serta daftar pesanan ke 085865389087. Bea kirim daerah malang dg ekspedisi JNE DARAT 35rb/10 kg pertama dan kilo selanjutnya 4000/kg. Atau dg ekspedisi DAKOTA 35rb/dus berat 13-17 kg/dus.

Untuk pembelian ecer di bawah 3 kg bisa pakai ekspedisi TIKI 15rb/kg +adm 2rb.

Dadang Irmawan mengatakan...

Dh,
Saya sdg memulai untuk memelihara ikan Lele . Sudah dibuat kolam semen bulat dg ukuran : tinggi 1 meter dan diameter 3 meter . Pembesaran rencananya mau mengguanakan sistem GUBA . Atas rencana tsb di atas , beberapa ingin saya tanyakan al :
1. Utk ukuran kolam tsb , berapa ukuran benih lele dan berapa jumlah yg diperlukan
2. Selain probiotik Raja Lele , apa saja penunjang yg diperlukan dan beraa banyak untuk keperluan satu siklus .
3. Rencananya Saya mau memesan probiotik satu paket utk pemeliharaan satu siklus , apakah bisa dilampirkan prosedur penggunaan probiotik , dimulai dari sebelum ikan dimasukkan ke dalam kolam

Terima kasih
Dadang Irmawan / dadang_ir@yahoo.co.id

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

Mas Dadang Irmawan,

1. Untuk ukuran kolam seperti yg mas sebutkan sebenarnya tidak lazim bagi petani , tp mungkin mas ada pertimbangan tersendiri shg bentuk kolam seperti itu. Its OK. Dengan ukuran seperti kira2 hanya bisa diberi ikan kurang lebih sebanyak 1000 an ekor.

2. Selain rajalele , probiotik penunjang lainnya adalah Masterfish, SPF dan PIDAS

- Untuk perlakuan air kolam Masterfish

- Untuk perlakuan pakan Rajalele + SPF

- Dan utk perlakuan penyakit PIDAS

Untuk 1 siklus dg jumlah ikan 1000 ekor kira2 dibutuhkan 1 botol MasterFish , 2 botol SPF , 2 btl Rajalele dan 1 botol PIDAS ( masih ada sisa sedikit)

3. Kolam semen baru sebaiknya sebelum digunakan dinding2nya digosok dulu dg daun pepaya dan dilakukan beberapa kali pembilasan agar bau dan kandungan kimia semen tidak meracuni ikan nantinya.

Setelah diperkirakan sudah terbebas dari bau dan kandungan semen, Lakukan perendaman air ke seluruh permukaan kolam semen dan diendapkan beberapa hari( 1-2 hari) kemudian air dibuang ( utnuk memastikan kembali kandungan semen tidak meracuni ikan).

Selanjutnya isi air kurang lebih 20-30 cm dan beri probiotik Master Fish dg cara larutkan 3-5 tutup botol Masterfish + 2 sdm gula pasir/tetes tebu + 1-2 lter air aduk2 tiap 1/4 jam sekali dan biarkan 0,5- 1jam agar larutan berfermentasi sempurna. Baru kemudian tebarkan larutan probiotik itu ke seluruh permukaan kolam. Diamkan minimal 3 hari-7 hari baru kemudian tambah permukaan air menjadi 60-70 cm. Biarkan air baru mengendap sehari baru keesokan harinya bibit siap tebar. Untuk penebaran bibit sebaiknya dilakukan percobaan beberapa ekor dulu dan dilihat apakah ikan bisa/sdh beradaptasi dg keadaan kolam baru tsb. Jika gerakan lincah, bibitnya lainnya bisa ditebar semua.Pemberian MasterFish selanjutnya bisa diulang 1-2 minggu sekali atau melihat kondisi kolam/ ketika pergantian air baru

Untuk perlakuan pakan hari2

Campurkan 1ttp botol SPF + 2 ttp btl Rajalele + 1 sdm gula pasir/tetes tebu + 0,5 ltr air aduk2 tiap 1/4 jam sekali dan diamkan 0,5-1 jam . Baru kemudian larutan tsb di kocorkan/disemprotka pada 5 kg pakan pelet. Biarkan meresap dan pakan siap tebar. Utk pakan <> 5 kg tinggal perbandingan saja. Pencampuran probiotik dg pakan efektif sampai 12 jam setelah pencampuran jadi jangan menyetok pelet+ probiotik banyak2 / konsumsi berhari2. sebaiknya campur pakan + probiotik hanya untuk konsumsi pakan sehari saja. Lebih dari itu tidak berbahaya hanya keefektifan berkurang/hilang/percuma. Lakukan pemberian probiotik ini disiplin setiap hari himgga panen kecuali pada saat ikan sdg diterapi Antibiotik Pidas krn dlm kondisi sakit. Selama terapi Antibiotik , Probiotik sementara stop karena akan percuma jika penggunaanya disandingkan dg penggunaan Antibiotik.

Terapi ikan sakit dg Antibiotik PIDAS

Ketika banyak ikan yg sakit luka,jamur, bintik putih ,bintik merah dsb ikan perlu diterapi dg antibiotik PIDAS selama 3 hari berturut2 yg dicampurkan ke pakan ataupun ditebarkan ke air kolam jika ikan tidak mau makan. Selama terapi ini , pemakaian probiotik STOP dulu 3 hari(terapi antibiotik) + 2-4 hari (penetralan) = 5-7 hari. Selanjutnya bisa dipergunakan lagi setelah itu.

aplikasi /terapi Antibiotik PIDAS caranya : Tiap 1 kg pakan campur dg 1 tutup botol Pidas + air secukupnya biarkan meresap dan tebarkan pakan. Lakuka terapi ini pagi dan sore selama 3 hari berturut2. Jika ikan tdk mau makan bisa juga lakukan penebaran Pidas langsung ke kolam dg dosis 1 tutup botol / m2 yg sebelumnya dilarutkan dulu dlm air aduk2 dan tebarkan ke seluruh permukaan kolam

Kurang lebihnya mohon maaf dan semoga jawaban saya bermanfaat.


Salam

Abror

cemal cemil mengatakan...

Mau nanya mas, saya di Yogyakarta, dimana toko atau distributor Nature Simba, Bendoz-A, Raja Lele, Master Fish, dll ? Mohon informasinya, karena saya sangat tertarik dengan probiotik ini semua. Makasih

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

Salam Mbak Dicka Armitasari di jogya,

Produk probiotik Simba di Yogya bisa anda dapatkan di :

-Sandra PS jl wates depan pom bensin kadipiro yogya
-Tani Maju jl. Magelang Km 5,6 yogya
-Myta PS depan pasar kalasan Yogya
-Agro PS jl. godean Km4 yogya ( timur pom bensin)

Semoga bermanfaat

ale oncom mengatakan...

mlm mas, saya Ale di Gresik.
mohon info untuk daftar harganya. dan alamat toko/agen yg ada di Gresik & Lamongan.
mkasih.

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

Mas ale oncom, di Lamongan silahkan cari di YBAS poultry shop jl. raya babat lamongan tepatnya silahkan kontak 08175474131

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

atau di toko mekar jaya jl.basuki rahmat sebelah barat pasar tingkat lamongan

ale oncom mengatakan...

trima ksih mas...
klo di Gresik belum ada ya?

Ebhi Yunus mengatakan...

mohon info untuk pembelian probiotik di daerah jember - jawa timur.

Gembul mengatakan...

pak..jika menggunakan probiotik artinya,pelet tdk perlu kita pertimbangkan proteinnya ya pak?? dengan probiotik brarti apa sebaiknya kita menggunakan pelet yang murah pak?
trimakasih sebelumnya

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

Mas gembul,

Probiotik bukan menambah protein pd pakan tetapi salah satunya membantu penyerapan kandungan protein dll dlm pakan shg terserap semua ke dlm tbh ikan/menjadi daging ikan jadi tetap harus memperhatikan kandungan protein dlm pakan terutama saat awal2 pertumbuhan ikan.

Gembul mengatakan...

trimakasih pak akan saya coba..sukses slalu buat usaha bapak

Ebhi Yunus mengatakan...

permisi, kami ingin bertanya. kami seorang pemula dalam perkanan.
kami beternak ikan dari ukuran gabah (usia 7-14 hari). kami membelinya dari petani ikan lain. kemudian kami beri perlakuan probiotik sedangkan kolam ikan terbuat dari vinyl dan terbuka (tanpa atap), apakah ikan tersebut tidak akan rentan terserang penyakit (bakteri, virus, jamur) dan blooming plankton tertentu?

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

Mas Ebhi Yunus,

Apapun jenis kolamnya asalkan perlakuan pemelihraannya tepat tidak masalah. Menurut pengalaman budidaya ikan di area terbuka lebih bagus daripada dengan penutup atap/tertutup. Dengan pemberian probiotik yg terpadu salah satu manfaatnya adalah mencegah / meningkatkan daya tahan tubuh ikan terhadap serangan penyakit dan blooming juga.

indra one mengatakan...

para senior perikanan, saya butuh produknya simba, kalau boleh tau diama alamat penjual produk simba di Tulungagung?
terimakasih sebelumnya..
email saya: indrafile@yahoo.com

rohan mengatakan...

mlm pak,saya rohan di demak,saya mau tanya,budi daya ikan nila di kolam semen sebaiknya dasarannya di kasih tanah/pasir?sebelumnya trima kasih...

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

@ Mas Indra one: email sudah terkirim

@ Mas Rohan : Gak usah pake tanah/pasir mas. Kalau mau malah bagus pake pupuk kandang terutama ayam puyuh yang sudah difermentasi sempurna di luar kolam dg EM4/Nature yang dimasukkan dalam karung tertutup dan dibenamkan di dasar kolam sebagai penyedia plankton/makananan alami ikan, menyuburkan kolam dll

Gembul mengatakan...

pak abror..saya mau bertanya lagi pak..
kemarin saya sudah pke rajagrameh di pakan dan hasilnya luar biasa ikan dikolam saya lebih sehat dibanding kolam sebelah.

skrang mau mencoba memakai spf untuk kualitas air,,apa diperlukan jga pak?karena air saya mengalir..tetapi kolam2 seblumnya memberi makan limbah,sehingga kualitas air jdi buruk...
permasalahannya airnya mengalir pak,jadi bagaimana cara menyiram spf pada kolam mengalir pak?apakah spf akan hanyut terbawa arus pak?

trimakasi pak

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

Mas Gembul ,

Untuk air mengalir SPF cukup dicampurkan ke pakan bareng dengan Rajagrameh dg perbandingan 1:2 utk 5 kg pakan. 1 tutup botol SPF + 2 tutup botol Rajagrameh + 1 sdm gula/molase + 0,5 liter air aduk2 sebagai pensuplai oksigen pada larutan dan diamkan 0,5-1 jam baru kemudin campurkan/semprotkan pada 5 kg pakan biarkan meresap sejenak dan pakan siap tebar. Untuk pakan <> 5 kg tinggal perbandingan saja.

Atau bisa juga , aliran air sementara ditutup dan taburkan SPF 1 tutup botol/m2 kolam yg sebelumnya dilarutkan dalam 1-2 liter air aduk dan tebarkan merata ke seluruh permukaan air. Biarkan aliran stop selam 6-7 hari baru kemudian buka sirkulasi air dengan debit keluar masuk air kecil saja.

Semoga bermanfat.

Gembul mengatakan...

trimakasih pak..sukses slalu

Anonim mengatakan...

asmoro arif , saya adalah pemula dan berencana akan membuat kolam 3 x 5 dengan kedalaman 2 m kira2 berapa bibit yang dapat saya tebar, dan bisakah saya tebar dengan 2000 bibit. trimakasih

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

Mas Asmoro Arif ,

pertanyaan anda masih belum jelas jenis ikannya jadi mohon maaf belum bisa di jawab

doni waeng mengatakan...

permisi pak, jujur saya belum pernah dan baru akan memulai pembesaran ikan lele. itu juga setelah membaca artikel dari bapak di atas.beberapa hal yang saya mau tanya.
1. dengan kolam terpal ukuran 2x3 meter,berapa bibit lele yg diperlukan dengan mengguanakan sistem GUBA ?
2. untuk dasar kolam sebaiknya pakai pupuk kandang atau tidak sama sekali? jika pakai pupuk,bagaimana cara membuat pupuk yang baik dan berapa takarannya?
3. di tempat saya air susah pak,paling bisa pakai pompa air.untuk itu bagaimana solusinya?
4. saya di weleri kendal.dimana toko yg menyediakan Nature Simba, Bendoz-A, Raja Lele, Master Fish, dll ?
terimakasih sebelumnya..

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

Mas Doni Waeng,

1. ukuran 2 x 3 ideal untuk pembesaran 1200-1500 ekor
2. Untuk dasar kolam dg penggunaan probiotik bisa memakai pupuk kandang dan bisa juga tidak pakai. Catatan : jika memakai pupuk kandang , sebaiknya pupuk ditaruh dalam karung tertutup yang sebelumnya sudah dilakukan fermentasi di luar kolam dg EM4 atau lainnya hingga terfermentasi sempurna dahulu dg tanda2 sudah tidak berbau dan sudah tidak keluar gas Amoniak lagi sehingga jika direndam di dasar kolam aman bagi ikan.
3. Air dari pompa sumur sudah cukup
4. wilayah weleri belum ada keagenan dan masih terbuka. sementara bisa anda dapatkan di semarang atau langsung via kita 085865389087

Anonim mengatakan...

mau tanya pak, apakah bapak juga menyediakan bibik ikan nila unggulan,thanks...

andi s mengatakan...

saya mau tanya pak, apakah bapak juga menyediakan bibit ikan nila unggulan, thanks..

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

Mas Andi,

Maaf mas kami tidak menyediakan bibit ikan nila

Budi Tanoyo mengatakan...

Maaf mas mau nanya, kalau ikan gurami usia 2-3 bulan sebaiknya dikasih pakan apa ya???
dan vitamin apa yang harus diberikan agar cepat tumbuh besar??? apakah bisa menggunakan Rajagrameh???

Terimakasih.

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

Mas Budi Tanoyo,

Agar cepat pertumbuhannya Ikan Gurami usia 2-3 bulan hingga panen pakannya pelet protein tinggi dan daun2an seperti daun sente , kangkung , daun pepaya dll. Untuk pagi dan sore hari pelet ( pakan pabrik / buatan sendiri) untuk siang hari daun2an. Untuk lebih membantu penyerapan kandungan protein, lemak , vitamin dlam pakan pelet sehingga menjadi daging ikan ( pertumbuhannya cepat) lebih bagus digunakan / dicampurkan probiotik SPF + Rajagrameh dalam pakan pelet maupun daun2an mengenai cara pencampurannya silahkan lihat di menu PRODUK dalam Laman web ini

Itulah salah satu fungsi dari probiotik rajagrameh yaitu membantu penyerapan kandungan pakan sehingga 90% terserap menjadi daging/ bobot ikan selain menambah nafsu makan ikan sehingga pertumbuhan ikan semakin meningkat

Anonim mengatakan...

Permisi Pak...untuk agen distributor Nature Simba, Bendoz-A, Raja Lele, Master Fish, dll, di pekanbaru sudah ada ya pak? kalau berkenan bisa kirimkan saya tehnik budidaya Ikan Nila yang baik dan benar di kolam semen, pak? email saya: rickyvs@yahoo.com , Terimakasih banyak sebelumnya atas bantuannya Pak....

angga erlangga mengatakan...

maaf numpang nanya gan penasaran q ,pngn nyoba praktek lngsung.q pny kolam 2x4 kl bt gurame dy tampungny smpe brp ekor ikan & dprobolinggo JATIM ada g yg menyuplai probiotik sprti datas

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

@ Mas Ricky dan Mas Erlangga email dah terkirim

angga erlangga mengatakan...

maaf mas mo nany ne penyebab ikan g susah mkn apa ya pdahal udah t ksh masterfish dan pakanny pun jg t cmpr dngn spf dan rajagrameh tp kok ada yg mati ya mhn pncrahannya

EVERY THING !!! mengatakan...

maaf mas numpang nanya ni..saya punya tambak udang,apa benar nutrisi simba ini cocok untuk udang,trus dmn saya bisa dptkan nutrisi simba ini? lokasi saya di samarinda.
satu lagi,haruskah di campur dengan pakan?karena tambak saya tradisional dan hanya mengandalkan mkanannya dari plankton yg ada pada tambak.

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

Mas "EVERYTHING",
Untuk tambak udang maupun bandeng yg mengandalkan pakan alami plankton, klekap dan lainnya bisa memakai Probiotik Nature dan SPF yg aplikasinya dikocor/dicampur ke air tambak fungsinya untuk memperkaya plankton dalam tambak, menyuburkan dasar tambak dari klekap dsb.

Sedang untuk jika disamping mengandalkan pakan alami juga menggunakan pakan pelet bisa ditambah SPF + NUTRISI yg dicampur ke pakan untuk lebih meningkatkan nafsu makan ikan dan meningkatkan bobot ikan. Semoga bermanfaat

Gembul mengatakan...

pak..apa setelah diberikan probiotik dikolam tidak boleh keesokan harinya diberi antibiotik?
karena sblum nya ikan tdak mau makan,saya pikir stress saya kasih probiotik.Ternyata ikan jamuran dan saya bingung apa boleh dikasi antibiotik?mohon pencerahannya pak

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

Mas gembul, klau ikan bisa dikarantina di tempat lain lebih bagus untuk diobati dan tidak merusak/mematikan bakteri2 positifterkandung dalam kolam.

Akan tetapi jika tidak memungkinkan untuk dikarantina, ya terpaksa tidak masalah untuk diberikan anti jamur dan antibiotik . Antibiotik bisa diaplikasikan 2 langkah pertama dg dicampur pakan apabila langkah ini ikan susah makan bisa dilakukan langkah kedua yaitu kocorkan antibiotik ke kolam . Bisa juga kedua2nya dijalankan beriringan jadi terapi dari dalam dan lur tubuh ikan.

Sedang untuk antijamur hanya untuk aplikasi dicampur ke air kolam.

Pemberian Antibiotik dan antijamur boleh berbarengan untuk yang dicampur ke air kolam.

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

Mas gembul Tambahan :
Jika sudah dilakukan terapi antibiotik maupun antijamur biarkan beberapa hari(1-2 hari) free dari obat dg memuasakan ikan baru kemudian probiotik boleh dilanjutkan lagi baik yg dicampur pakan maupun yg dikocor ke kolam

muhammad muhajirin mengatakan...

Assalamu'alaikum mas Abror,
Saya pemula dalam budidaya ikan gurameh dalam kolam terpal,
Numpang tanya sedikit mas,
Apakah setelah pakan kita campur dengan probiotik raja grameh + SPF kotoran ikan tidak lagi mengandung amoniak sehingga kita tidak perlu lagi menyedot kotoran ikan tersebut?
Terima kasih atas jawababannya.

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

Mas M.Muhajjirin,
Memang salah satu fungsi bakteri terkandung dalam probiotik tersebut adalah menguraikan sisa2 pakan dan feses ikan agar tidak lagi berbahaya bagi ikan. Akan tetapi tetap saja masih ada residu/endapan yang timbul yg lama kelamaan akan membuat keruh kolam. Tidak apa2 jika tidak dilakukan penyiponan, tapi lebih bagus dilakukan penyiponan untuk menjaga kebersihan kolam dan mencegah timbulnya bibit2 penyakit. Saran saya tetap lakukan penyiponan.

irhan jayadi mengatakan...

ass w.w. mas abror
sy irhan jayadi dari bengkulu selatan, mas sy sdh order nutrisi dg spf 5 dus, dg bpk rosihan, kebetulan sy baru mau coba pakai probiotik karena kolam saya sudah beberapa kali panen, kebetulan sekarang baru 2 minggu masuk bibit lagi sebanyak 1 ton ikan nila.
yang mau sy tanyakan kalau produk ini berhasil, bagaimana bisa jadi agen produk GUGUS SIMBA untuk bengkulu selatan. karena produksi ikan nila di bengkulu selatan tiap hari sebanyak 10 ton. karena sy juga penyuplai ikan nila untuk sumatera selatan.

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

Pak Irhan jayadi,

Silahkan inbox di elabror70@gmail.com atau esy_syareefa@yahoo.co.id atau sms ke 085865389087

Balinese Paintings mengatakan...

Mas abror yang baik, saya dedi di kediri. Saya mau nanya adakah agen di daerah kediri yg menyuplai produk2 simba? Makasih Mas...

anto mengatakan...

mas mau tanya budidaya gurameh yang bagus itu airnya mengalir atau tidak untuk ukuran silet sampai konsumsi

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

@ Utk Mas Dedi Untuk Jawa Timur dipegang oleh Bpk FAKIN no kontak ada di Laman depan samping kanan, Untuk daerah kediri mungkin yang terdekat daerah JOMBANG Toko Haji Imam depan BRI Jogoroto Jombang. Coba saja cari di sana , semisal stok tidak ada bisa hubungi bapak Fakin atau ke saya 085865389087

@ MAs Anto
Air mengalir dan air tenang masing2 ada kelebihannya sendiri2. Air mengalir dg debit kecil lebih bagus untuk budidaya gurami karena suplai oksigen terjamin, kemungkinan terjangkit bibit penyakit kecil dll tp pemberian probiotik penyubur kolam akan cepat hilang seiring mengalirnya air ( agak sedikit sia2). Sedang untuk air tenang dg sedikit waktu dan tenaga untuk mengganti secara berkala air kolam hasilnya bisa lebih positif daripada air mengalir. Secara pribadi saya cenderung menggunakan air tenang dg mengganti air kolam secara berkala. Semoga bermanfaat

Anonim mengatakan...

Maaf, untuk daerah Ngawi ada g agen atau toko yg menjual?

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

Untuk daerah ngawi apakah sudah ada tokonya atau belum silahkan tanya ke Pak Fakin 08175474131

Anonim mengatakan...

Masbro lam kenal, kolam terpal saya ukuran 7 x 15 m kedalamannya 1,5 m, idealnya utk pembesaran gurame di isi berapa ekor? saya pengen mencoba produknya simba, kalau boleh tau dimana alamat penjual produk simba di Tulungagung? di sini sepertinya cuma ada raja grameh
terimakasih sebelumnya.. email saya nkholis80@gmail.com

Anonim mengatakan...

maaf pak...saya andi dr cilcacap mau numpang nanya..mencampur probiotik dengan pelet itu dicampur dengan air dingin atau dg air panas/hangat.mohon penjelasanya...

Anonim mengatakan...

maaf pak...saya andi dr cilcacap mau numpang nanya..mencampur probiotik dengan pelet itu dicampur dengan air dingin atau dg air panas/hangat.mohon penjelasanya...email saya moto_gpgaul@yahoo.com.terimakasih.

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

@ Mas kholis sudah saya jawab via sms

@ Mas Andi, Pakai air biasa saja gak perlu panas, air kolam pun gak masalah

cinabel77 mengatakan...

Kalo di palembang agen jualnya dimana ya..

Anonim mengatakan...

Riza Angga
pak saya ini pemula bisnis lele, saya tertarik dengan produk Simba. lokasi saya di Surabaya, apakah di pasar ikan gunung sari sudah tersedia produk Simba? kl tidak, dimana saya bisa membelinya?
mohon bantuannya bapak, kalau berkenan bisa tolong di jawab ke no saya 083857115099

terima kasih bapak

ajie sunarji mengatakan...

saya sunarji di tulungagung, salam sukses buat pak bror sekeluarga semoga ilmu yg bpk amalkan selama ini dpt bermanfaat bagi banyak orang khususnya sy pribadi... Trimakasih.

Adi Wibowo mengatakan...

pak,,,,saya adi
akhir" ini ternak gurami sya lg off ,tp sya tertrik dgn teknik GUBA ini,,, sya jd semangt lg bwt jlani bisnis ini. Saya di kebumen, klo mau cari produk simba di kbmen apa ada???? trims

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

@ Chinabel77 : Palembang belum ada perwakilan

@ Riza angga : Hubungi saja langsung ke pak Fakin

@ Pak Aji Sunarji : Terima kasih untuk doanya

@ Adi Wibowo : Untuk kebumen belum ada mas , bisa langsung pesen ke kita
saja di 085865389087

Nasuan doang mengatakan...

pak saya masi belajar berternak gurame,kalau mau beli produk simba di jakarta dimana

ajie sunarji mengatakan...

assalamu'alaikum pak broer, ngapunten nderek ngiklan....

bagi teman2 yang membutuhkan pompa kolam dengan spsfkasi : pompa air modifikasi (kondisi baru) hisap2" dan keluar 2" harga 1,3jt+ongkir.

mutu dijamin kwltas ok, sudah banyak yang membuktikan para pembudidaya ikan di blitar tulungagung dan kediri.

untuk pmsanan : bpk sunarji 085730195714 e-mail : samudr4.gram3h@gmail.com

agussarwono mengatakan...

Maz Bro, Saya agus dari daerah citayam. mau nanya pemakaian probiotik itu tiap hari ya? trus perkembangan badan dan sisiknya apa bisa proporsional karena pengalaman saya klo tdk proposional badan gurameh jadi memerah dan mudah terjangkiti penyakit
Dan mohon nomor contak yang daerah depok
Terima kasih

ajie sunarji mengatakan...

Good luck$...

Anonim mengatakan...

Yth. pak broer
saya tertarik dengan metode pemeliharaan ikan sistem GUBA.. yg mau saya tanyakan, apakah metode ini memungkinkan digunakan untuk ikan gurame di kolam terpal dalam 4 periode (4 th) sekaligus tanpa adanya pengeringan kolam.(dalam 1 kolam dengan masa panen tidak sama). terimakasih

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

@ Anonim : Mohon maaf kami belum pernah mencoba jadi belum bisa menjawab. Mungkin ada teman-teman sesama bloger, ataupun pembaca blog ini, ataupun pembaca yg sudah mengaplikasikan probiotik SIMBA dan pernah mencoba mengaplikasikan budidaya ikan gurame di kolam terpal dalam 4 periode sekaligus tanpa melakukan pengeringan kolam, bisa share di sini.

Bambang Tri mengatakan...

Mas Broer,
Saya sedang mulai budidaya Gurameh ukuran Korek. Saya menggunakan Kolam Semen ukuran 2x1x1 M. Setelah beberapa hari ada yang mati dan ini terjadi berturut-turut. Cuaca memang sering berubah siang panas, sore/malam hujan. Bagaimana pemberian probiotik ? saya sudah coba menggunakan Raja Gurameh, SPF dan Bendoz. Terimakasih atas pencerahannya.. Wassalam Bambang T

ajie sunarji mengatakan...

bu ELA trimakasih... Pak BROER matursuwun... GOODS LUCK$

Anonim mengatakan...

Agen produknya di daerah jepara atau kudus dimana pak? Sedang belajar pembesaran lele pak.

ajie sunarji mengatakan...

selamat pagi

agos mengatakan...

haiii.........

agos mengatakan...

Saya sedang mulai budidaya lele di kolam semen 2x3 baru buat. pada awalnya menggunakan dasar pupuk kandang tapi bibit banyak yang mati terkenan jamur dan saya beri obat biru maka ikan tidak mati lagi. sekarang sudah 50 hari siap panen tetapi ketika saya coba goreng kulit ikan nya berubah menjadi warna biru terang semua, jd saya takut jual. kenapa bisa begitu? bagaimana penanganannya? mohon bantuan karenan mo di jual. makasih

roni risdianto mengatakan...

saya baru mencoba masterfish untuk kolam terpal uk 2 x 1 x1 meter..dan seminggu sejak saya gunakan sebagai dasar/pupuk ternyata kondisi air masih jernih..atas nasehat pak azis maka saya tambahkan 2 ttp botol plus gula larut..dan sampe hari ini masih jernih..perlu diketahui kolam saya hanya disapa matahari pada jam 10.00-14.00 karena dikelilingi hutan beton..mohon pencerahan..
salam

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

Sebelumnya Mohon Maaf untuk keterlambatan Responnya
@ Pak Agus , untuk pemakaian bendoz anti jamur maupun antibiotik tidak disarankan untuk pemakaian terus menerus karena sifatnya bukan probiotik tapi berupa obat. Untuk ikan goreng yang kulitnya berwarna biru terang , kami belum pernah mengalaminya jadi belum tahu solusi terhadap ikannya. Tapi yg jelas untuk ke depan penggunaan Bendoz antijamur maupun antibiotik tidak disarankan penggunaan secara terus menerus hanya untuk dan saat ikan sakit kena jamur/penyakit saja atau untuk pencegahan awal saja.

@Roni Risdiyanto , untuk Masterfish memang tidak serta merta menghijaukan air kolam , MasterFish untuk mematangkan air kolam supaya kondusif untuk bibit, perkawinan induk / penetasan telur dll. Air Matang disini belum tentu identik dg warna air kolam menjadi hijau. Sedangkan untuk mempercepat menghijaukan air kolam bisa ditambah SPF dan atau merendam pupuk kandang yg sudah terfermentasi yg ditaruh dalam karung di dasar kolam + intensitas sinar matahari yg cukup.

Kurang lebihnya jawaban saya mohon maaf apabila banyak kekurangan karena keterbatasan ilmu dan pengalaman kami dan Mungkin ada dari pembaca lain yg lebih berpengalaman bisa membantu permasalahan bapak2 sekalian bisa mengirimkan komentar di sini. Terima kasih

roni risdianto mengatakan...

@admin
untuk Masterfish memang tidak serta merta menghijaukan air kolam , MasterFish untuk mematangkan air kolam supaya kondusif untuk bibit, perkawinan induk / penetasan telur dll. Air Matang disini belum tentu identik dg warna air kolam menjadi hijau. Sedangkan untuk mempercepat menghijaukan air kolam bisa ditambah SPF dan atau merendam pupuk kandang yg sudah terfermentasi yg ditaruh dalam karung di dasar kolam + intensitas sinar matahari yg cukup.

Langkah ini sedang saya coba terapkan di kolam baru .Meskipun di Surabaya cukup sulit untuk membuat pupuk karena padat penduduk sehingga khawatir bau akan menjadi polusi tersendiri ketika akan memulai budidaya yang bebas dari polusi termasuk bau.
Sehingga alternatif seperti pupuk urea sedang saya coba kembangkan dengan cara ;
1.250 gr gula (telah dilarutkan)
2.2 tutup botol SPF
3.100 gr pupuk urea
4.air

salam

Bapunk Rikardo mengatakan...

Pak Abroer yg ramah, saya petani gurame Jogja, apakah ada merk produk Simba yg memiliki kandungan nitrobacter untuk mengurai amoniak pada air? Kalau ada, nama produk-nya apa ya, Bapak? Tujuanny supaya saya tidak perlu sipon lagi gtw hehehehe tpi apakah bisa ya?

delli banged mengatakan...

Pak saya mau Tanya,kalo probiotik rajalele+spf tapi tidak dicampur gula bisa ga Pak?Dan untuk kolam baru ukuran 4x2x0.5m (kolam semen),bagusnya dikasih masterfish apa spf,tolong diberitahu Cara penerapannya..makasih Pak

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Top Web Hosting | manhattan lasik | websites for accountants