SELAMAT DATANG DI PERMINA DEMAK-SPF-MASTERFISH-NATURE-RAJAGRAMEH-RAJALELE-NUTRISI-BENDOZ-S-FISH-PIDAS

Selasa, 11 Januari 2011

PENTINGNYA PROBIOTIK PADA BUDIDAYA IKAN


Secara umum probiotik bisa diartikan dengan pro kehidupan atau pendukung kehidupan. Jadi, probiotik itu fungsinya adalah untuk menunjang, mempertahankan, atau meningkatkan tingkat kehidupan mahluk (dalam hal ini ikan). Caranya, probiotik ini bekerja dengan menekan/meniadakan faktor-faktor tertentu yang membuat tingkat kehidupan suatu mahluk menjadi tidak kondusif, yang mengakibatkan mortalitas (kematian) sangat tinggi.

Bentuk dari probiotik ini adalah berupa jasad renik atau bakteri atau mikroorganisme yang tidak terlihat secara kasat mata. Dalam bahasa sederhana ini semacam "pasukan intelejen" yang bekerja efektif tanpa gerakannya terlihat oleh siapapun. Dalam satu liter air jumlahnya bisa mencapai jutaan ekor,dan semakin berkembang lebih banyak jika pada probiotik ini ditambahkan makanannya berupa zat gula/tetes tebu.


Sekarang mengapa probiotik perlu diterapkan pada pola budidaya perikanan darat? Hal ini karena dari beberapa faktor yang pada dasarnya awalnya disebabkan karena kenyataan bahwa kondisi lahan budidaya sekarang ini sudah tidak ideal lagi,jauh berbeda dari dulu, kini sudah banyak mengalami penurunan bahkan tidak kondusif lagi bagi pertumbuhan ikan. Dengan kata lain, banyak lahan budidaya perikanan yang sudah rusak atau setengah rusak. Nah, probiotik ini diberikan ke lahan budidaya untuk mengembalikan yang sudah rusak tersebut agar menjadi optimal seperti sediakala.

Mengapa kondisi budidaya perikanan sekarang banyak yang tidak berhasil? pertama, tentu karena kondisi tanah kolam yang dipakai secara terus menerus lama kelamaan kesuburannya menurun. Apalagi kalau tidak dikelola atau pemeliharaannya tidak bagus. Kedua, kondisi air juga makin banyak sekali polutannya sekarang ini. Baik yang berasal dari saluran irigasi luar yang masuk ke kolam maupun dari udara ( lewat hujan ) maupun dari kolam itu sendiri (tumpukan amoniak dan gas beracun lainnya). Ketiga,kondisi bibit ikan sendiri sekarang ini sulit diseleksi kualitasnya karena kita biasanya membeli dari pasar bebas yang tidak kita ketahui asal-usulnya. Bibit dari induk yang terlalu tua,, terlalu lama dipijahkan tanpa ada persilangan baru, tidak berasal dari induk unggulan ikut mempengaruhi tingkat lulus hidup ikan selama dipelihara di kolam.

Jadi,di sini ada tiga masalah penting yang harus kita perhatikan, berkait dengan kerusakannya yang sudah menghawatirkan. Pertama, dasar kolam/tambaknya. Kedua, kondisi airnya. Ketiga, ikannya itu sendiri. Semuanya harus diperhatikan secara seksama jika menginginkan budidaya ikan yang kita kelola berhasil panen dengan optimal. Dengan kata lain, digarap semua sektornya. Kami memperlakukan ketiga faktor tadi dengan metode GUBA ( GUGUS SIMBA ). Dengan kata lain,untuk berhasil budidaya, kolam harus diperlakukan secara GUBA, yang ketiganya membutuhkan perlakuan lebih spesifik.

Begitu banyak yang harus diperhatikan, kemudian muncul kesan bahwa dengan tehnologi seperti ini budidaya ikan tampak lebih mahal. Namun, jika dicermati lebih dalam, yang terjadi justru sebaliknya,yakni secara cost justru lebih efisien (murah) karena :
1. Ikan yang hidup sampai panen lebih banyak
2. Secara bobot timbangan pasti lebih berat karena daging ikan sangat kesat
3. Terjadi penyingkatan waktu dari penebaran benih hingga panen.
4. Jumlah pakan yang diberikan jauh lebih sedikit, jika dibandingkan dengan sekian botol probiotik yang harus digunakan. Tentang hal ini memang agak sulit kalau sekedar diperdebatkan, karena baru dirasakan kalau sudah melakukannya. Namun, fakta-fakta membuktikan para pemakai tehnologi GUBA selama ini merasa sangat diuntungkan sekali. tidak banyak masalah yang menimpa lahan budidaya baik di pembenihan maupun pembesaran.

Secara umum aplikasi GUBA itu bisa dijelaskan secara sederhana sebagai berikut :

Pertama Olah lahan kolam sebaik mungkin dengan probiotik. Jadi setelah ikan dipanen biarkan lahan terkena sinar matahari selama beberapa hari dulu. Jika biasanya dikapur atau saponin, lakukan saja tidak masalah. Setelah itu baru air masukkan sekitar 10 cm an dan kocorkan probiotik ke dalamnya ( boleh NATURE, MASTER FISH atau SPF ). Tujuannya untuk menambah mikroba positif ke dalam dasar tambak/kolam sehingga plankton-plankton yang nanti menjadi makanan alami ikan akan tumbuh berbiak dengan subur. Setelah 3-7 hari hari baru masukkan air setinggi 60-80 cm ( sesuai kebiasaan ) biarkan minimal sehari, barulah bibit di masukkan. Pada saat pemberian pertama kali ini,akan lebih baik pakan ikan dicampur dengan antibiotik ( PIDAS atau S-FISH). Fungsinya sebagai imunisasi bagi ikan untuk meningkatkan daya kekebalannya dari kemungkinan serangan penyakit.

Selanjutnya dalam masa pemeliharaan pakan yang diberikan harus direndam lebih dahulu dengan probiotik (RAJALELE,RAJAGRAMEH,NUTRISI,SPF) Takarannya setiap tutup botol bisa untuk 1-2 kg pakan pelet. Jika kita memberi pakan yang banyak, pencampuran probiotik ke dalam pakan dilakukan sekali saja pada pagi hari. Separuh pakan langsung diberikan selebihnya diberikan pada sore harinya. Kualitas probiotik masih bagus sampai masa simpan 12-16 jam, lebih dari itu kualitasnya agak menurun kinerjanya.

Pencampuran probiotik pada pakan ini mempunyai tujuan agar bakteri yang berada dalam usus ikan dapat bekerja secara baik dan optimal dalam mencerna pakan untuk menjadi daging. jika tanpa probiotik, pakan yang masuk hanya antara 50-75% yang akan menjadi daging ikan dan sisanya akan dibuang sebagai feases(kotoran), padahal kotoran ini akan menjadi amoniak dan menimbulkan penyakit gatal jamur atau pernafasan pada ikan. Nah dengan memaki probiotik, pakan yang dicerna menjadi daging bisa meningkat sampai 95% dan hanya sedikit sekali yang menjadi feases. maka ikanpun akan lebih sehat dan perkembangan pertumbuhannya cepat sekali dari hari ke hari.

Pemberian probiotik ini diupayakan jangan sampai putus hingga waktu ikan saatnya dipanen. Pemutusan pemakaian probiotik secara kasat mata memang tidak tampak mengganggu pertumbuhan ikan. Namun sesungguhnya percepatan tumbuhnya agak berhenti karena pakan yang dibuang sebagai feases cukup banyak. Jadi disini jelas akan terjadi pemborosan pakan.

Sebagai catatan, seperti yang dikatakan Ir. Gandung Hardiningsih pakar perikanan dari Universitas Gadjah Mada, pemberian probiotik pada budidaya ikan sekarang ini sangat penting dilakukan, namun kita perlu berhati-hati memilih probiotik. Pilih yang benar-benar probiotik dan sesuai dengan peruntukannya,supaya hasilnya bisa maksimal. Salah dalam memilih probiotik memang tidak mengakibatkan sesuatu yang fatal pada ikan karena yang namanya probiotik pasti baik fungsinya. Namun,kesalahan memilih itu, efeknya menjadi yang tidak maksimal.

Yang harus dihindari adalah memilih yang bukan pronbiotik. Padahal sangat jelas beda anatra PreBiotik dengan ProBiotik. PreBiotik adalah makanannya ProBiotik(mikroba). Kalau PreBiotik ini dimakan oleh mikroba positif memang hasilnya akan baik. Namun jika yang memakan adalah bakteri/mikroba negative (misalnya bakteri E-Coli yang mengganggu pencernaan) maka bakteri negative ini akan berkembang pesat sehingga justru akan membuat ikan menjadi stress,sakit bahkan mati. Maka petani ikan harus jeli memilih ProBiotik. Pilih yang benar-benar ProBiotik bukan PreBiotik meskipun dalam PreBiotik itu disertakan kandungan macam-macam seperti vitamin,mineral dll, tetap ada resiko yang potensial muncul.

Secara umum probiotik memang akan sangat menunjang keberhasilan budidaya ikan. Akan tetapi, ada kalanya karena satu dan dua faktor ikan tetap terserang penyakit. Dalam hal ini apabila ikan sudah terserang penyakit, mau tidak mau harus dilakukan penyembuhan dari dalam. Caranya adalah dengan memasukkan antibiotik (misalnya PIDAS atau S-FISH ) ke dalam tubuh ikan. campurkan antibiotik pada pakan lalu berikan pada ikan. Untuk menjaga agar penyakit itu tidak menular pada ikan-ikan lainnya lebih bagus lagi air kolam diguyur dengan desinfektan Seperti BENDOZ-A yang fungsinya untuk mematikan virus,jamur dan parasit yang masih hidup di air. Penyembuhan ikan sakit ini memang lebih efektif bila dilakukan dari dalam maupun luar tubuh secara bersamaan.

Dalam kasus banyaknya ikan stress setelah kolam terguyur air hujan, ini juga menuntut perlakuan tersendiri. hujan seringkali membawa polutan (cemaran udara) yang membuat kolam kekurangan oksigen serta plankton-planktonnya mati, lalu ikan mengalami kesulitan nafas, menggantung di permukaan air,stress berat dan akhirnya ikanpun banyak yang mati. maka yang paling baik adalah melakukan langkah preventiv. Begitu hujan turun segera kolam diguyur dengan probiotik NATURE atau MASTERFISH supaya plankton-plankton bisa tumbuh lagi dengan cepat dan polutan,amoniak,gas beracun yang masuk ke dalam kolam segera diurai menjadi netral. Pengguyuran probiotik ini merupakan langkah perlindungan yang sangat baik pada ikan. Pemberian dalam jumlah takaran banyak tentu lebih dianjurkan karena akan semakin cepat memulihkan kondisi kolam. ( Disadur dari makalah pelatihan budidaya gurami sistem Guba by PERMINA JOGJA) el@broer

43 komentar:

yulianto semarang mengatakan...

thanks infonya gan! Mgkn dlm waktu dekat sblm pensiun aku akan mencoba budidaya ikan lele. Yg ingin saya tanyakan cocokkah probiotik ini utk lele dilihat dari segi bea kebut. Probiotik dg hasil yg akan di dapat krn dilingkungan sekitar saya para petani lele byk yg merugi atau untung mepet itu jg hitungan tanpa bea pengeluaran obat probiotik?

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

mas yulianto, probiotik sangat cocok untuk semua jenis ikan dan lebih menghasilkan dibanding cara konvensional dari segi bea total yang dikeluarkan dan panen yang dihasilkan. Bibit lele 1000 ekor hanya dengan penambahan bea produksi untuk probiotik sebesar kurang lebih 100rb an akan dapat menghasilkan panen 110-120 kg dengan hanya 3 karung pakan. Dari segi kematian/mortalitas ikan bibit sampai panen kecil. Untuk lbh jelasnya insyaallah akan kami terbitkan postingan baru tentang analisa usaha budidaya perikanan dengan dan tanpa probiotik. Tunggu saja postingan selanjutnya.

Anonim mengatakan...

slm perkenalan,nama saya asep dari bandung,saya baru menekuni bisnis pembibitan lele sangkuriang dan dumbo,selama ini saya msh bingung mencari probiotik yg akan saya pakai,soalnya rencana saya selain sebagai pembibit tapi bisa sekalian menjualkan probiotik tsb kepada pelanggan,kalo bisa saya minta panduan teknik penggunaan yg benar probiotik jenis apa saja mulai dari pemeliharaan indukan,pemijahan,pemeliharaan larva / bibit,bahkan sampai pembesaran si kolam terpal dan tanah,agar tidak ragu memakainya,dan berapa minimal pembelanjaanya,hn di emailkan ke brssmartcom@yahoo.com,tks

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

Kang Asep ti Bandung, jawaban saya beserta daftar harga sudah kami kirimkan ke alamat email di atas. Silahkan di buka .

Rizal mengatakan...

Kalau di Surabaya apa ada Probiotik Gugus Simba? kalau ada alamatnya mana? Terima Kasih.

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

mas rizal di surabaya,
Untuk produk Gugus Simba di surabaya coba cari di poultry2 shop terdekat. Jika belum bisa ditemukan mas rizal bisa pesen lewat kami via sms atau kontak langsung. Di Jawa Timur Agen baru ada di Tulung Agung dan Lamongan.

Anonim mengatakan...

Kalau di Tulungagung alamat lengkapnya mana?

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

Nanang poultry shop Jl. raya Bonolangu Tulung Agung 081234208876 atau YBAS PS Jl.Raya Babat Lamongan 08175474131,081230155030

Anonim mengatakan...

Iya. Terima kasih informasinya.

Anonim mengatakan...

rusdyawan menyatakan
maaf mas saya baru nih untuk pemakaian probiotik.
saya masih binggung ttng pemakaian probiotik yg tepat untuk jenis ikan apa saja dan serta pemakaiannya mulai dari pemijahan sampai pembesaran bibit?kemudian jenis2 probiotik serta harganya? bisa dikirim lewat email di rusdyawan@gmail.com

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

mas Rusdyawan,

Probiotik Simba cocok untuk semua jenis ikan dan pemakaiannya bisa di golongkan menjadi : Untuk
1. Managemen kolam
Probiotik yg dipakai :-SPF dan Master Fish Untuk klam
terpal/tembok baik untuk pem-
bibitan maupun pembesaran.
-NATURE untuk kolam tanah
2. Managemen pakan
Probiotik yg dipakai :-SPF dicampur RAJALELE/RAJAGRAME
atau NUTRISI
Rajagrameh dihususkan untuk ikan grameh
Rajalele untuk ikan lele
Nutrisi Simba untuk ikan patin,bawal,mas,nila,koi
udang dan lain2
Tapi pada dasarnya ketiganya bisa saling menggantikan
3. Managemen Penyakit ikan
Untuk mengobati ikan yang sakit dipakai Bendoz-A,Pidas
dan S-Fish kegunaan dari ketiganya bisa dilihat di
menu Produk. Untuk penanganan penyakit ini harus diper
hatikan masalah dosisnya karena jika
pemberian dosisnya berlebih bisa jadi akan menimbulkan
resistensi terhadap penyakit karena Pidas dan s-fish
merupakan Antibiotik. Dan satu lagi yg perlu diperhati
kan,penggunaan antibiotik ini hanya untuk emeregensi
dan selama pemberian antibiotik , untuk sementara pem-
berian probiotik dihentikan selama proses penyembuhan
tapi dengan pemberian probiotik dari awal sebelum
tebar bibit sampai panen insyaallah akan meningkatkan
ketahanan ikan dari penyakit sehingga pemakaian anti
jamur dan antibiotik bisa diminimalkan bahkan dihilang
kan samsekali.
Semoga jawaban ini sedikit membuka cakrawala mas
tentang pemakaian Probiotik.

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

Mas Rusdyawan,

email daftar harga telah terkirim

Anonim mengatakan...

mas mohon daftar harga kirim ke email say : deddy.arfian@vico.co.id , untuk depok sdh ada blm ya agen penjualanannya kebetulan saya budidaya lele.

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

Mas dedy arfian, utk wilayah depok silahkan hubungi bpk Hamdan, no kontaknya silahkan dilihat di menu kontak. Silahkan tanya toko2 yg menjual sekitar depok kepada beliau. tapi jika masih kesulitan utk mendapatkan silahkan hub kami di 085865389087 sms/call langsunghkan hubungi bpk Hamdan, no kontaknya silahkan dilihat di menu kontak. Silahkan tanya toko2 yg menjual sekitar depok kepada beliau. tapi jika masih kesulitan utk mendapatkan silahkan hub kami di 085865389087 sms/call langsung

Rudy mengatakan...

Mohon maaf pak, Saya juga ingin dikirimkan email seperti kang asep bandung yg di atas saya. Kalau bisa sama nomor HP Bapak biar bisa tanya2 via sms/telp.
email: rudiano_46@yahoo.com
terimakasih.

-Rudy | Surabaya -

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

Mas Rudy di surabaya,
email siap, dikirim. No kontak bisa dilihat di menu KONTAK

Anonim mengatakan...

salam kenal
saya zubad dari lamongan,
saya sangat tertarik tentang postingan anda tentang penggunaan probiotik ini,
yang saya tanyakan apakah produk ini bisa aplikasikan untuk meningkatkan budidaya udang vanamei air tawar ?
bagaimana cara dan dosis penggunaanya, apakah sama dengan ikan lele/ gurami ?
tawon.ijoe@gmail.com

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

Salam kenal juga mas Zubad di Lamongan,

Untuk aplikasi ke udang vanamei air tawar sangat bisa mas. Mengenai ilmu terapannya silahkan tanya ke rekan ahlinya udang vanamei yaitu Mas Fakin 08175474131 ( daerah jawa timur juga). Kalau saya terus terang belum pernah membudidayakan udang vanamei jadi belum bisa menjawab. Tapi pada intinya penerapan probiotik hampir sama. Lebih jelasnya silahkan sms/kontak langsung beliau.

Anonim mengatakan...

Salam kenal,
Saya Ifan, Saya sedang melakukan pembesaran dan pembibitan ikan patin dan nilam. Saya sangat tertarik dgn probiotik. Saya tinggal di Sumedang. Barangkali ada depot probiotik yang dekat dengan kota sumedang, mohon informasinya.
Terima kasih

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

Salam mas Ifan di Sumedang,
Maaf untuk daerah sekitar wilayah saudara belum ada agennya. Paling dekat paling di Cirebon AGEN/TOKO CIREBON ,KUNINGAN, MAJALENGKA, INDRAMAYU :BU LILI SAHABAT TANI JL.RAYA KLAYAN NO 191 CIREBON 08170693298 . jika semisal masih kesulitan utk mendapatkannya bisa langsung pesan di tempat kami sms ke 085865389087 . Pembelian ecer bebas.

Unknown mengatakan...

Mumpung gramehq mati m0rtalitas,
tlg emailkan kyak abang2 diatas.
Mujib,jombang,jatim
beteng_poetra@yahoo.co.id

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

Mas Mujib di jombang, maksudnya bagaimana mas? tolong diperjelas

Anonim mengatakan...

tlg dong pak kirim alamat toko atau agen yang menjual probiotik untuk ikan nila yang ada di surabaya ke email saya bagus_2905@yahoo.com ....maksih sebelumnya..

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

Mas Bagus di surabaya,
Untuk toko2 di surabaya yg menjual probiotik untuk Nila silahkan tanya ke Agen Surabaya Bapak Fakin 08175474131.

Saya hanya tahu di daerah Sidoarjo di Toko Subur Makmur Komplek pertokoan Jati Kepuh Jl. Raya Larangan samping RSUD Sidoarjo. atau di Lamongan Toko Mekar Jaya Jl. Basuki Rahmat sebelah barat pasar tingkat Lamongan

Anonim mengatakan...

di purwokerto susah banget cari probiotik simba, bgm kalo sy daftar jadi agent.. bgm syaratnya? tolong kirim ke indah_bms@yahoo.co.id

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

Ibu Indah di Purwokerto,

Email sdh terkirim ke indah_bms@yahoo.co.id

aa mengatakan...

mas..saya butuh produknya simba,karena saya baru aja coba piara ikan gurame.. boleh ga minta daftar harganya?kl boleh tolong emailkan ke saya ya...indrafile@yahoo.com dan dmana saya bisa dapatkan produk tersebut di mojokerto.

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

Mas aa'

email sudah terkirim

Budi Susandi mengatakan...

salam kenal Permina demak,sy minta di kirim produk simba untuk ternak lele dan email ke budi.imco@gmail.com..makasih sebelumnya.

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

@ Mas Budi Susandi email langsung meluncur

Anonim mengatakan...

mas untuk agen di tulung agung apa bs memberikan penjelasan/pembeljaran tentang metode guba?

Bunda Jibril dan Najwa mengatakan...

trims infonya sob... saya baru mulai mempelajari tentang ternak ikan nih, kelihatannya lebih asik daripada ternak ayam. apalagi kalau diberi makanan langsung mengeruyuk... seruuuu....!!! sementara ini baru belajar dengan kolam kecil dipinggir rumah kok gak mau besar... ternyata bukan salah merawatnya, tetapi kurang belajarnya...

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

@ Mas Anonim , Sepertinya untuk reseller di tulung agung hanya menjual barang jadi kemungkinan belum bisa memberikan penjelasan tentang metode Guba, Kalau mau lebih jelas bisa ikut diklat di PERMINA Pusat Yogyakarta info contact person USMAN WIWIED 081904240208

@ Bunda Jibril dan Najwa
Sama2 Bunda , semoga terus belajar...dan belajar...tapi jangan lupa tetap take an Action karena pengalaman meengaplikasikan ilmu lebih berharga daripada sekedar tahu dan Semoga sukses selalu.

angga erlangga mengatakan...

maaf mas bs mnt daftar hrg GUBAny sy brminat untk kolam semen 2x4 n tanah 5x8 tlng krmkn kemail
erlangga608@gmail.com
ato 081333303731
dtnggu mas q bth probiotik ini krn grameq sring mati

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

@ Mas Angga Erlangga email sudah terkirim

Anonim mengatakan...

maaf mas kalo mau cari probiotik rajagrameh sama spf di daerah sidoaro jawa timur dimana ya... soalnya saya nyari kok g dapet''.
kalo utk kolam terpal selain itu biasanya dikasih apa aja... tolong kirim lewat email za...
doang.choirul@yahoo.co.id
terima kasih...

Anonim mengatakan...

maaf mas emailnya slh...
yang bener doank.choirul@yahoo.co.id

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

Mas choirul, email sdh sy kirim tp kelihatannya alamat emailnya masih salah. Langsung saja , toko di sidoarjo yg menjual probiotik SIMBA di toko Sumber Makmur komplek pertokoan jati kepuh jl.raya larangan samping RSUD sidoarjo. Silahkan cari di sana kalau stok kosong bisa langsung hubungi saya di 085865389087.

Anonim mengatakan...

mas boleh minta daftar katalog dan harga buat produk simba? kl boleh tolong dikirim ke priliisback@yahoo.com
mas kl di daerah surabaya, di pasar ikan gunung sari ada yg jual enggak mas? thanks :)

Boxer Moreno mengatakan...

klo darerah indramayu-cirebon sudah ada agen penjualan gugus simba belum??? tolong hub q 085759826452

alfha blackheart mengatakan...

Untuk daerah cimahi bandung ada ga?? Bisa tlong di email alfhamifta@gmail.com

hamda mengatakan...

mohon informasi untuk penjual GUGUS SIMBA daerah Payakumbuh, SUMBAR . atau jika belum ada bisa saya beli di mana secara online, tx (syukra.alhamda@gmail.com)

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Top Web Hosting | manhattan lasik | websites for accountants