SELAMAT DATANG DI PERMINA DEMAK-SPF-MASTERFISH-NATURE-RAJAGRAMEH-RAJALELE-NUTRISI-BENDOZ-S-FISH-PIDAS

Senin, 08 Februari 2010

JENIS KOLAM


KOLAM TERPAL


Kolam terpal kebanyakan digunakan para petani yang daerahnya kesulitan air atau daerah yang apabila tanahnya digali dan diisi air selalu hilang ke dalam tanah. Bisa juga digunakan petani di lokasi yang jauh dari sungai tetapi yang ada hanya air sumur. Pembuatan kolam terpal bisa dilakukan dengan cara menggali tanah yang disusaikan dengan panjang lebar terpal atau dengan cara menyusun bata/batako/bambu yang diletakkan diatas permukaan tanah. Hal ini bisa disesuaikan dengan beaya yang ada dan masing-masing mempunyai nilai plus dan minusnya. Beberapa gambar akan bisa menjelaskan teknis pembuatannya.


Cara untuk mensterilkan kolam terpal baru maupun yg sudah pernah dipakai/sudah panen:
1. Terpal di cuci dengan menggunakan sikat halus dan bisa juga digosok dengan daun pepaya. Hati hati dengan cara menggosoknya supaya terpal tidak bolong.
2. Kolam terpal yang belum terisi air setelah dibersihkan dikeringkan antara 3-5 hari
3. Setelah 3-5 hari baru kolam diisi air dengan ketinggian disesuaikan dengan bibit ikan yang akan dimasukkan.
4. Untuk menyesuaikan PH air dengan kondisi air dari habitat asli ikan gurami bisa ditambahkan garam dengan ukuran sama dengan yang telah dibahas dalam hal kolam tanah.
5. Selanjutnya untuk menumbuhkan pakan alami ikan berupa plankton bisa ditambahkan PROBIOTIK dan biarkan air minimal selama 3 hari baru bibit ikan bisa dimasukkan ke dalam kolam.

untuk mengatasi perbedaan suhu yang drastis antara siang dan malam pada musim pancaroba biasanya sebelum terpal plastik dibentangkan dalam kolam, dibawah plastik terpal diberi dasaran brambut/sekam padi dengan ketebalan antara 3-5 cm. Selain untuk menghangatkan kolam di malam hari brambut/sekam padi dapat berfungsi untuk melembutkan dasaran kolam sehingga apabila kolam diinjak-injak saat panen terpal plastik tidak mudah bocor terkena dasaran kolam yang tajam(menghindari adanya batu-batu kecil) di dasaran kolam.

Di dalam pembuatan kolam terpal jangan lupa memberi pipa paralon yang dipasang vertikal sebagai kontrol ketinggian air kolam. Pipa paralon ini dihubungkan dengan sambungan knee yang dihubungkan dengan saluran pembuangan. Pemasangan paralon dilakukan dengan cara melubangi terpal di sudut kolam dan diikat menggunakan tali ban supaya tidak bocor.

Untuk menambah pasokan oksigen dalam air kolam biasanya diberi pancuran kecil yang dilewatkan melalui paralon 3/4 inchi yang dilubang kecil dan dipancarkan ke dalam kolam.


KOLAM BAK/SEMEN

Cara penyeterilan dan perlakuan kolam bak semen hampir seluruhnya sama dengan kolam terpal jadi tidak perlu penulis bahas lagi kiranya.Untuk selanjutnya tunggu postingan berikutnya (Bahan diambil dari beberapa sumber salah satunya Makalah DIKLAT budidaya GURAMI sistem GUBA Kampung Jambidan Banguntapan Bantul Yogyakarta) el@broer

Contoh kolam terpal di atas permukaan tanah

2 komentar:

afif mengatakan...

boss gambar kolamnya kurang...mohon ditambah thanks

PERMINA DEMAK (Perkumpulan Masyarakat Perikanan Nusantara) mengatakan...

mas afif silahkan lihat di gallerry mas

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Top Web Hosting | manhattan lasik | websites for accountants